HUKUM BAGI PEMEGANG HAK MEREK

Kunci untuk pencitraan merek yang kreatif dan efektif dari program, produk, layanan, atau lembaga apa pun adalah menemukan pemosisian yang tepat – untuk mendorong periklanan dan alat pemasaran lainnya. Tidak harus rumit atau aneh. Faktanya, jika itu bagus dan efektif, itu sederhana dan akan mengikuti “Aturan konsumen” – “Kamu seperti apa rupanya.” Posisi, atau ‘merek’ ini benar-benar sebuah identitas (bukan di benak Anda, tetapi di benak audiens Anda) – cara orang dapat hak merek memilah-milah semua informasi yang membingungkan dan merangkum apa yang mereka pikirkan tentang sesuatu.

Apa yang Anda dapatkan dengan identitas merek?

Selama 25 tahun terakhir kami telah mempelajari bahwa pengembangan identitas merek lebih dari sekadar tolok ukur yang menunjukkan keberhasilan dalam bisnis, atau evolusi dan pertumbuhannya. Identitas yang didefinisikan dengan jelas dan mudah dikenali, pada kenyataannya, menjadi faktor penentu keberhasilan dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini.

Sekadar meletakkan beberapa “dasar”, berikut adalah sepuluh alasan mengapa melakukannya dapat memiliki efek penting secara strategis pada keuntungan Anda.

o Lebih mudah untuk mengetahui siapa Anda, yang artinya:

o Lebih mudah untuk mengetahui apa yang Anda lakukan. (Membantu mengembangkan tujuan)

o Lebih mudah untuk mengetahui bagaimana melakukannya. (Membantu implementasi)

o Lebih sedikit energi yang dikeluarkan secara keseluruhan. (Menciptakan efisiensi dalam komunikasi)

o Membangun tim terjadi secara alami ketika staf dapat mengidentifikasi dengan simbol yang sama, bahasa yang sama dan oleh karena itu tujuan bersama. (Seragam olahraga adalah contoh yang bagus. Setiap pemain merasa seperti bagian dari grup.)

o Anda dapat mencocokkan gambar Anda dengan kebutuhan klien atau tampilan bisnisnya. (Masalah sederhana “berikan apa yang mereka inginkan.”)

o Dengan identitas yang jelas Anda berkomunikasi lebih efisien dengan pelanggan Anda, dan mereka mengingat Anda dengan lebih mudah. (Daya ingat lebih mudah jika semua orang tahu siapa Anda dengan jelas.)

o Peningkatan kualitas produk atau layanan Anda secara keseluruhan. (Konsistensi selalu penting.)

o Manfaat dan kualitas unik dari bisnis Anda dikomunikasikan dengan lebih jelas kepada klien Anda sehingga meningkatkan penjualan. (Alat pemasaran)

o Membantu menetapkan standar kualitas yang dapat diidentifikasi dalam produk atau layanan Anda. Membantu rasa dapat diandalkan dengan mengembangkan “identitas merek”. (Nama merek dipercaya.)

Jadi, apa sih merek itu?

Saat kita memulai proses membuat rekomendasi untuk mengembangkan identitas merek, mari kita bicarakan tentang apa yang sebenarnya kita maksud dengan “merek”. Apa itu, mengapa itu berhasil, bagaimana cara kerjanya dan siapa yang membuatnya berhasil.

Philip Durbrow, wakil ketua firma desain internasional Frankfurt Balkind Partners, mengenang, “Ketika saya pertama kali mulai bekerja di bidang branding, menjadi jelas bahwa tidak ada definisi universal yang jelas tentang kata-kata kunci seperti pemasaran, strategi, identitas, citra, dan merek. Saya telah mengembangkan definisi khusus sehingga kita memahami dengan jelas apa yang kita bicarakan. Kata-kata yang tidak jelas menghasilkan pemikiran yang kabur dan merek yang tidak jelas. ”

Beberapa Definisi

Ada sedikit konsistensi dalam pemahaman orang, atau penggunaan, terminologi merek. Untuk kejelasan, kami menawarkan definisi berikut:

Produk: adalah sesuatu yang diproduksi untuk berfungsi dan ada dalam kenyataan.

Merek: memiliki makna di luar fungsionalitas dan ada di benak masyarakat.

Kualitas Produk: memiliki pengaruh besar pada Kualitas Merek.

Kualitas Merek: adalah pikiran, perasaan, asosiasi, dan harapan yang diciptakan oleh Identitas Merek.

Identitas Merek: adalah cara merek diekspresikan secara visual dan verbal.

Branding: melihat setiap aktivitas yang berhubungan dengan pelanggan sebagai bagian dari proses branding dan mengelolanya dengan tepat. Segala sesuatu yang dilakukan perusahaan yang memengaruhi pelanggannya, memengaruhi nilai mereknya.

Pemasaran: artinya mempermudah dan memotivasi orang untuk membeli produk Anda – melalui desain produk, penetapan harga, pengemasan, distribusi, periklanan, dll.

Pemasaran Merek: mendorong melampaui manfaat produk untuk memenuhi janji inti strategis. Ini berarti melihat melewati yang berwujud ke yang tidak berwujud, mengakomodasi kebutuhan praktis pembeli sambil beresonansi dengan perasaan mereka yang lebih dalam.

Strategi Merek: berarti memutuskan merek mana yang akan digunakan untuk mengirimkan produk dan layanan mana kepada pelanggan mana. (Ini mungkin melibatkan penggunaan merek global, merek payung, megabrand, sub merek, merek flanker, perluasan merek, dan kelompok merek.)

Ekuitas Merek: adalah nilai sekarang dari pembelian gabungan di masa depan yang merupakan hasil dari preferensi yang dibuat, atau pembayaran premi, untuk produk suatu merek.

Mengapa kita menginginkan merek?

Semua merek memulai dengan berbicara tentang kebutuhan dan aspirasi audiens. Aspirasi adalah identitas merek: itu adalah proyeksi bagaimana merek ingin dianggap oleh audiens targetnya (sebagai lawan dari citra merek, yang merupakan cara merek, saat ini dipersepsikan).

Pengetahuan dan apresiasi konsep inti ini akan memungkinkan pengurus merek untuk mengembangkan misi, membangun dan memelihara pasar, mempertahankan filosofi merek, strategi, tampilan dan nuansa merek secara keseluruhan dan, tentu saja, logo. Apa yang membuat audiens merasa puas atau kecewa dengan pesan yang datang dari merek? Apa yang akan membantu membangun identitas merek yang kuat (apa yang akan melemahkannya)? Bagaimana aspirasi identitas merek dapat dicapai?

Siapa Mengurus Toko?

Pengurus merek, biasanya eksekutif senior dari perusahaan induk, harus melindungi dan mengembangkan inti merek yang tidak dapat diubah (sekitar 50%) untuk memastikan merek tetap kuat. Pengurus mengelola bagian dari merek yang harus tetap cair (50% sisanya) agar merek tetap relevan dan menarik. Biasanya kami melihat kesegaran dan evolusi dalam iklan dan pengemasan merek, itulah bagian dari merek yang terus berkembang. Pengurus bertanggung jawab untuk mengawasi upaya biro iklan untuk mempromosikan merek, mengembangkan segmentasi merek secara internal (yaitu, sub-merek) dan mengarahkan pengemasan produk bermerek. Tanggung jawab keseluruhan dari pengurus merek adalah menjaga merek tetap di jalur dan menguntungkan.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *